Friday, December 14, 2007

Unikkah Bisnis Saya??

“One Stop Shopping Solution” in Outlet Bunda Aysar Grosir

Bismillahhirrahmaanirrahiimmi..

Saya ika, Bunda Aysar, atau biasa dipanggil “Bungbung/Bunbun”. Saya baru saja melahirkan ‘bayi’ kecil saya bernama “Outlet Bunda Aysar Grosir” tepatnya 5 Agustus 2007, seminggu yang lalu. Dengan umur yang baru lahir ini, “Outlet Bunda Aysar Grosir” masih banyak kekurangan, masih banyak belajar.

Kalo ngomongin soal strategi bisnis, walah, kok yang akan saya uraikan seperti jauh dari itu ya? Karena background saya bukan ekonomi, bukan manajemen bisnis, dll, tapi hanya seorang lulusan STM yang mengais rejeki dengan menjadi “Kuli Coding”, yah programmer itu perkerjaan saya :)

Saya ingin sekedar menjadi participant/peserta/penggembira di dalam kontes menulis ini J. Hitung-hitung belajar menulis ya J.

Saya tidak akan menyebut ini sebuah strategi bisnis supaya unik, namun langkah-langkah dan ide-ide saya supaya “Outlet Bunda Aysar Grosir” bisa menjadi pilihan bagi umat muslim/muslimah untuk berbelanja.

Ide-ide saya ialah :

  1. One Stop Shooping Solution.

Sesuai dengan judul tulisan ini, “One Stop Shopping Solution in Outlet Bunda Aysar Grosir”, maka saya berusaha menjadikan “Outlet Bunda Aysar Grosir” menjadi satu-satunya tempat yang melayani kebutuhan perlengkapan muslim/muslimah. Dengan konsep One Stop Shopping Solution, semua kalangan, semua umur, semua orang dengan berpendapatan berbeda-beda, bisa belanja dan memenuhi kebutuhannya di “Outlet Bunda Aysar Grosir”.

“Outlet Bunda Aysar Grosir” melayani semua kebutuhan pelanggan, dengan menyediakan pakaian muslim anak, dewasa, blus, baju koko, sarung, mukena, peci, tasbih, mukena, jilbab, aksesoris, tas, kaos kaki sampai sandal/sepatu juga ada.

Dari harga yang paling murah sampai paling mahal, dari yang berbahan sederhana sampai yang ekslusif semua ada.

Saya ingin jika ada sekeluarga besar datang bersama, suaminya, mertuanya, ayahnya, ibunya, anaknya yang masih batita sampai balita, keponakannya yang masih SD sampai remaja (sudah kuliah), bahkan ada yang membawa baby sitter dan pembantu di rumahnya (seperti minggu kemarin J), saya yakinkan bahwa semua kebutuhan busana muslim bisa dilayani di “Outlet Bunda Aysar Grosir”. Mau yang mahal dan eksklusif buat diri sendiri, untuk istri tercinta, untuk mertua tersayang, adaaa, mau yang baju muslim yang tidak terlalu rame, chick, casual, simple buat anak muda/remaja, adaaa… mau baju muslim untuk anak-anak dari batita sampai balita, adaa, mau bagi-bagi baju muslim sederhana yang murah tapi tidak murahan buat pembantu dan baby sitter juga ada!

One Stop Shooping di “Outlet Bunda Aysar Grosir” kami berusaha menyediakan bermacam-macam alternative pilihan yang sesuai dengan tingkatan-tingkatan selera yang bebeda-beda.

  1. Kenyamanan di “Outlet Bunda Aysar Grosir”

Setiap toko pasti ingin pelanggannya betah berlama-lama di tokonya supaya apa yang dibeli bisa banyak J. Demikian pula yang “Outlet Bunda Aysar Grosir” ingin berikan kepada setiap pelanggan. Kami tempatkan karpet di dalam “Outlet Bunda Aysar Grosir” supaya nyaman dan kelihatan bersih, ada meja jepang yang pendek, di tengahnya terdapat nampan dari anyaman batang daun kelapa (lidi) yang berisi air mineral dan permen didalam toples dan tisu, dan tempat sampah di sudut meja,yang setiap pengunjung, mau beli atau tidak, silakan bebas diambil sendiri. Kemudian disebelah meja ada 2 bantal besar, untuk sekedar merasakan rileks dan nyaman sambil memilih-milih barang di “Outlet Bunda Aysar Grosir”. Dan tak lupa sambil belanja diiringi nasyid- nasyid islami biar lebih kental, kami putarkan Mp3 dengan speaker kecil ber subwoofer.

Dengan system lesehan, membuat pembeli merasa betah dan jika betah bisa belanja lebih banyak, karena waktu untuk mengexplore barang-barang juga lebih lama. Jika pembeli tidak nyaman maka boleh jadi mereka tidak menyadari banyak barang lain yang luput dari perhatian mereka, dan sebetulnya mereka ingin membeli barang tersebut. Sudah terjadi di “Outlet Bunda Aysar Grosir”, sehingga membuat mereka balik lagi ke “Outlet Bunda Aysar Grosir” hehehhe.

Yang masih di angan-angan Bunda Aysar ialah, jika kami punya keleluasaam biaya dan tempat kami ingin menyediakan tempat menyusui/laktasi buat ibu-ibu yang masih menyusui sehingga sambil berbelanja masih bisa untuk memenuhi hak bayinya…. J atau menyediakan ruang bermain bagi anak-anak balita sehingga ibunya bisa bebas berbelanja….insya alloh

Gambar 1 : Meja jepang dan toples permen, air mineralnya lagi ngumpet J

  1. Sistem Member dan Bonus yang tidak terduga di “Outlet Bunda Aysar Grosir”

Kami menggunakan system member agar pelanggan setia belanja di “Outlet Bunda Aysar Grosir”. Apakah member itu? Setiap orang bisa menjadi member dengan memulai belanja sebesar Rp 50.000 rupiah saja, setelah itu mereka boleh jadi member atau tidak. Dengan membayar biaya pergantian kartu sebesar Rp 10.000 rupiah saja, maka seorang pembeli sudah menjadi member di “Outlet Bunda Aysar Grosir”.

Apakah keuntungannya menjadi member di “Outlet Bunda Aysar Grosir”??

· Member berhak mendapatkan potongan harga senilai 10% dalam bentuk Vocuher untuk harga Non Netto(1 harga label), sedangkan untuk harga barang Netto (2 harga label), mendapatkan harga yang lebih murah.

Gambar 2 : Card member tampak depan

Gambar 3 : Card member tampak belakang

· Mengapa menggunakan diskon dalam bentuk voucher? Agar pelanggan terus kembali dan kembali belanja di “Outlet Bunda Aysar Grosir”, karena mengingat ada voucher senilai sekian ribu rupiah, sayang kan jika dibuang? J

Gambar 4 : Voucher Kosong

· Selain Vocuher belanja dari pembelian, “Outlet Bunda Aysar Grosir” juga menyediakan Voucher Ekslusif yang bisa dijadikan Kado bagi orang terkasih, teman, keluarga, rekan bisnis, dll dengan nilai dimulai dari Rp 50.000 rupiah saja.

Gambar 5 : Vocuher bisa untuk kado

  1. Pergantian suasana di “Outlet Bunda Aysar Grosir”

Bagaimana reaksi kita jika berkunjung ke sebuah toko yang 3 mingu lalu pernah kita kunjungi dan sekarang masih menemukan barang yang itu-itu saja?

Bete? Iya, dipikiran kita “tokonya gak laku ya”, iya juga kan?

Nah “Outlet Bunda Aysar Grosir” seminimal mungkin menghilangkan pikiran-pikiran pelanggan yang datang ke “Outlet Bunda Aysar Grosir”. Caranya bagaimana? Setiap 2 minggu sekali, kita berusaha merolling posisi-posisi manekin, tukar tempat antar manekin, memasang kerudung warna yang berbeda dengan variant yang sama, berusaha merubah letak standing manekin, dll. Pokoknya dibikin fresh lah, walaupun barang-barangnya masih barang yang lama.

Sehingga pelanggan tidak menyadari bahwa barang-barang kita masih tidak membosankan. Jika dalam sebulan masih ada barang yang sangat setia pada tempatnya, kita beri label Special Price atau Diskon Khusus, nah ini menarik pelanggan untuk melirik mereka bukan?

  1. Made to order in “Outlet Bunda Aysar Grosir”…masih dalam proses persiapan

“Outlet Bunda Aysar Grosir”, juga melayani made to order untuk busana muslimah (blus muslim). Kita akan kerja sama dengan industri garmen yang membuat pakaian dasar blus muslim rancangan kita sendiri. Nah made to ordernya dimana sih letaknya? Begini kita akan focus di seni lukis dan seni bordir. Pembeli yang mempunyai cita rasa tinggi dan menghargai seni akan sangat menyukai layanan dari “Outlet Bunda Aysar Grosir” ini.

Bagaimana caranya?

“Outlet Bunda Aysar Grosir” sudah bekerja sama dengan pengrajin lukis bali dan pengrajin bordir bali untuk mengakomodir layanan ini. Kita akan berikan contoh baju yang sudah di lukis atau di bordir dengan seni Khas BALI. Ini uniknya. Kita akan berikan catalog contoh-contoh design yang bisa mereka pilih, atau mereka bisa membawa design mereka sendiri dalam bentuk hardcopy/print kertas berwarna atau softcopy/filenya. Nanti kita akan sulap menjadi busana muslim yang cantik, indah dan tentunya anda sebdiri yang punya motif itu bukan?

Disini lukis ialah menggunakan cat tekstil dan system air brush bukan sablon, sehingga lebih eklusif, dan ditangani oleh tangan-tangan berdarah seni asli Bali.

Dan kita akan buat label/brand sendiri..yaitu “Bunda Aysar Collection” agar mudah dikenali.

  1. Wajah toko yang universal… masih didalam impian…

Karena ingin toko kita sebagai One Stop Shopping Solution, maka kita masih berusaha memikirkan bagaimana nih untuk menarik pembeli dari semua kalangan. “Outlet Bunda Aysar Grosir” harus berada di tengah-tengah. Maksutnya apa ya? Begini, wajah “Outlet Bunda Aysar Grosir” tidak boleh terlalu “MEWAH” sehingga pembeli yang kelas menengah ke bawah takut/ragu untuk masuk, karena asumsinya pasti barang mahal-mahal ya….begitu juga sebaliknya, “Outlet Bunda Aysar Grosir” tidak boleh terlalu sederhana/murahan, karena pembeli yang berkantong tebal dan berselera tinggi enggan masuk karena akan mengira barangnya murahan….konsep ini masih ada di dalam otak Bunda Aysar, dan masih akan digodok kira-kira bagaimana, insya alloh nanti akan disharing ya jika sudah ketemu cara konkritnya.amin

  1. Penataan Barang-barang yang disesuaikan dengan kategori jenis kelamin, umur, dari harga murah sampai harga mahal/ekslusif, sehingga orang bisa dengan mudah mencari sesuai dengan kebutuhannya, mau yang murah di blok A, mahal di Blok B, baju anak-anak di Blok C, Baju koko di Blok D, dll…..insya alloh

  1. Jika nanti diberikan keleluasaan rejeki dan bsia membuak cabang, akan kita set setiap cabang dengan karakteristik sendiri, dengan layout yang sama, settingan yang sama, service yang sama sehingga akan tercipta image “Bunda Aysar Outlet” di semua pelanggan kita. amin

Sekian sharing dari “Outlet Bunda Aysar Grosir”, sepertinya tidak ada yang unik, namun tidak apa-apa sambil melatih tangan menulis.mohon maaf jika susunan kata-katanya sangat berantakan, maklum bukan penulis. Semoga apa yang sudah saya tuangkan bermanfaat buat kita semua, kalaupun semua kiat-kiat diatas dicontek/ditiru oleh Toko yang lain, silakan, insya alloh Rejeki Alloh sudah diatur buat saya. Jadi tidak khawatir dengan adanya peniruan oleh toko lain, atau disalip yang masih ada dibenak saya oleh toko lain, tidak masalah J Rejeki Alloh tidak akan salah alamat J alhamdulillah.

Wassalam,

Bunda Aysar

Ika Nursila Dewi

ika_nursila@yahoo.com.sg

No comments: